Kaya Rempah, 7 Kuliner Legendaris Ini Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Mandalika

Lombok merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal akan keindahan alamnya. Tak heran jika pulau ini ramai dikunjungi wisatawan.

Salah satu destinasi super prioritas di Lombok yang wajib dikunjungi adalah Mandalika. Desa yang terletak di bagian tengah Pulau Lombok ini memiliki pesona alam yang luar biasa, salah satunya pantai dengan pasir putih yang memukau.

Mandalika merupakan salah satu ikon Pulau Lombok karena menjadi lokasi perhelatan balap motor internasional, MotoGP.

Selain pemandangan alam yang indah, Mandalika juga memiliki sederet kuliner khas Lombok yang menarik dan sudah mendunia. Penasaran apa saja? Berikut daftarnya.

1. Sate bulayak

Kalau berkunjung ke Mandalika, jangan sampai melewatkan kuliner sate bulayak.

Sate berbahan utama daging sapi ini disajikan dengan bumbu spesial yang terbuat dari kacang sangrai dan santan, sehingga rasanya menyerupai bumbu kari.

Sate bulayak nikmat saat disantap dengan lontong autentik yang dibungkus dengan daun aren.

2. Ayam Taliwang

Salah satu kuliner populer khas Lombok yang telah mendunia adalah ayam Taliwang.

Ayam Taliwang disajikan dengan bumbu rempah yang memiliki cita rasa pedas dan manis. Oleh karenanya, menu ini sangat cocok bagi para pecinta kuliner pedas.

Kenikmatan ayam Taliwang berhasil menjadikan hidangan ini sebagai salah satu makanan Indonesia yang diminati oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

3. Sayur ares

Kuliner khas Mandalika berikutnya adalah sayur ares. Sayur ini sangat unik karena terbuat dari pelepah pisang yang diolah bersama santan dan daging ayam.

Sayur ares kerap dikenal dengan jukut ares dan cocok disantap saat musim hujan.

4. Ayam Rarang

Menu khas Mandalika yang tidak kalah menggoda lidah adalah ayam Rarang.

Hidangan ayam kampung ini terasa semakin nikmat dengan adanya bumbu sambal goreng cabai rawit dan plecing yang membuat rasanya gurih dan pedas, sehingga cocok disantap dengan nasi hangat.

5. Nasi balap Puyung

Salah satu kuliner khas Mandalika yang mirip dengan nasi kucing adalah nasi balap Puyung.

Tampilan yang menarik dan beragam membuat hidangan ini ini cukup populer dan banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun turis.

Nasi balap Puyung disajikan dengan nasi putih dan beberapa menu pelengkap, seperti ayam goreng, suwiran abon, sambal, kacang kedelai goreng, kelapa parut, dan tumis sayur kacang panjang.

6. Plecing kangkung

Tak hanya di Bali, plecing kangkung merupakan salah satu masakan populer di Lombok.

Meski memiliki nama yang sama, plecing kangkung Lombok sedikit berbeda karena berbahan utama taoge dan parutan kelapa muda dengan taburan bumbu pedas di atasnya.

Biasanya, menu ini disajikan bersama ayam Taliwang.

7. Sambal beberuk terung

Selanjutnya, Mandalika juga terkenal dengan menu sambalnya, yakni sambal beberuk terung.

Menariknya, sambal ini terbuat dari sayur-sayuran segar, seperti tomat, terong bulat, dan kacang panjang yang disiram dengan sambal cabai merah.

Sambal ini nikmat disantap bersama ayam Taliwang atau hidangan seafood.

Itulah deretan masakan khas Lombok yang bisa disantap ketika mengunjungi Mandalika. Pastikan untuk terus menjaga protokol kesehatan (prokes) dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama (6M).

sumber; Kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar