Konektivitas dan Wi-Fi

Di era digital seperti sekarang, tetap terhubung dengan internet merupakan kebutuhan sehari-hari yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Baik untuk urusan bisnis, berhubungan dengan orang tercinta, hingga mengetahui isu terbaru atau membagikan keseruan saat travelling, memiliki akses koneksi online adalah kewajiban yang mutlak. Di Indonesia, koneksi Wi-Fi tersedia di berbagai tempat umum. Berikut informasi berguna terkait aksesibilitas internet di seluruh tempat umum yang ada di Indonesia.

Apakah Bandara Indonesia memiliki akses Wi-Fi?

Bandara Internasional Soekarno–Hatta adalah bandara utama yang melayani wilayah metropolitan Jakarta yang terletak di pulau Jawa, Indonesia. Seperti yang dilansir dari Jakarta Post, kini Bandara Internasional Soekarno–Hatta telah dilengkapi fasilitas terbaru bernama Wi-Fi Corner yang bisa digunakan oleh seluruh pengunjung di Terminal 1 dan Terminal 2. Wi-Fi Corner ini merupakan bentuk kerja sama pemerintah dengan perusahaan BUMN PT. Telkom Indonesia. Untuk informasi Wi-Fi di bandara lain, harap hubungi pusat informasi setempat saat Sobat Pesona mendarat.

Apakah Hotel di Indonesia memiliki Wi-Fi Gratis?

Sebagian besar hotel di Indonesia memiliki koneksi Wi-Fi gratis untuk para tamunya, umumnya Wi-Fi hotel dilindungi kata sandi yang bisa didapatkan ketika tamu check-in di hotel. Untuk hotel kecil di daerah terpencil, Wi-Fi juga biasanya tersedia, namun sebaiknya Sobat Pesona memastikan hal tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan.

Apakah Stasiun Kereta Indonesia memiliki Wi-Fi Gratis?

Saat ini ada fasilitas terbaru yang menyediakan Wi-Fi di stasiun di Ibu Kota Indonesia, Jakarta. Bekerja sama dengan PT Pulau Pulau Media (MacroAd), PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah meresmikan fasilitas ini sejak 2019. Pengguna kereta api akan dimanjakan dengan WiFi gratis dengan kecepatan up to 250 mbps, yang bisa digunakan selagi menunggu kedatangan kereta di stasiun atau selama perjalanan dengan menggunakan kereta. Hingga saat ini, sebanyak 46 stasiun di Jakarta dan sekitarnya telah terpasang WiFi MacroAd. 

Sedangkan pemasangan WiFi gratis di KA Jarak Jauh juga akan segera dilakukan, fase pertama pemasangan WiFi gratis untuk KA Jarak Jauh dimulai dari 100 kereta KA Argo Parahyangan (Gambir – Bandung PP). Selanjutnya, KAI dan MacroAd akan memasang WiFi gratis di sepanjang stasiun yang dilewati KA Argo Parahyangan. Kemudian proyek pemasangan WiFi gratis akan dilanjutkan pada 40 rangkaian dalam waktu dekat di KRL Commuterline, dan stasiun-stasiun KA jarak jauh dari Jakarta hingga Surabaya.

Dimana Saya Bisa Menemukan Wi-Fi Gratis di Tempat Umum di Kota-kota Indonesia?

Sebagian tempat umum di kota-kota besar di Indonesia memiliki jaringan internet/Wi-Fi gratis, seperti pusat perbelanjaan, kafe, restoran, tempat wisata, dan masih banyak lagi. Namun menggunakan koneksi Wi-Fi di tempat umum seperti ini cukup tidak aman. Demi kenyamanan data pribadi dan privasi, Sobat Pesona harus sangat berhati-hati dan membaca syarat dan ketentuan sebelum menggunakannya ya.

Bagaimana Saya Bisa Tetap Terhubung Setiap Saat dengan Internet Selama Berada di Indonesia?

Jika Sobat Pesona kesulitan untuk menemukan fasilitas Wi-Fi gratis, mungkin keputusan untuk menyewa Wi-Fi saku adalah pilihan yang bijak. Dengan cara ini, Sobat Pesona akan tetap terhubung di mana saja dan kapan saja. Ada banyak penyewaan yang tersedia di internet, Sobat Pesona dapat menyewa Wi-Fi portabel yang bisa dikirim ke tempat Sobat Pesona berada atau dengan mengatur waktu pengambilan ketika Sobat Pesona tiba di kota tujuan yang ingin dikunjungi. Jangan khawatir, selama berada di Indonesia Sobat Pesona akan tetap bisa terhubung dengan dunia luar karena ponsel genggam termasuk barang umum yang telah dimiliki semua orang. Untuk pilihan yang lebih praktis dan ekonomis, Sobat pesona bisa membeli kartu SIM lokal selama berada di Indonesia.

Bagaimana Cara Saya Mendapatkan Kartu SIM Lokal?

Sobat Pesona dapat menemukan kartu SIM lokal di bandara, yang biasanya disediakan di berbagai stan perusahaan provider lokal seperti Telkomsel, XL, Smartfren, 3/Axis, Indosat/IM3, dll. Harga kartu SIM lokal bervariasi, untuk setiap merek biasanya dibanderol mulai dari Rp10,000.

Bagaimana Cara Mendaftar Kartu SIM Indonesia?

Untuk registrasi kartu SIM lokal, orang asing membutuhkan identitas berupa Paspor atau KITAS/KITAP untuk turis yang berkunjung dalam jangka panjang. Petugas di bilik penyedia layanan informasi akan memberi panduan selama proses registrasi kartu SIM.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar