Kopi Khop, Sajian Unik dari Aceh

Nanggroe Aceh Darussalam atau yang kerap dikenal negeri Serambi Mekkah tentu memiliki sejumlah sejarah dan sejumlah kuliner unik yang rasanya tak bisa diungkap dengan kata-kata. Salah satu yang unik adalah Kuah Pliek Cue, Mie Goreng Aceh, dan Kuah Asam Ke’eung.

Tapi, yang kita bahas kali ini bukanlah makanannya, tapi sajian kopi yang nikmat dan unik yaitu Kopi Khop yang artinya Kopi Terbalik. Dalam bahasa Aceh Khop dapat diartikan Balik, atau Meu-lhueng ‘Khop’ = Terbalik. Sajian kopi bisa ditemukan dengan mudah di beberapa daerah di Aceh, yaitu di Aceh Barat yakni di Meulaboh (Salah satu kota disana) atau bisa ditemukan juga di Banda Aceh.

Sebenarnya, kata warga setempat di Meulaboh, Kopi Khop asalnya dari Aceh Barat dan mulai populer ketika dikenalkan di Banda Aceh. Sajian kopi ini ada yaitu Kopi Khop sendiri dan Kopi Tower. Kopi Tower sendiri juga Kopi Khop yang saja menggunakan gelas yang ukurannya lebih besar dan panjang, biasanya rasanya manis karena ada campuran susu kental manis (SKM) dan ada sensasi dingin dari es batu.

Kopi Khop menggunakan kopi lokal jenis robusta atau jenis Tubruk, biasanya tidak digiling hancur, tapi dibiarkan masih berbentuk biji kopi yang sudah disangrai sedikit hancur karena sudah ditumbuk dengan alat tardisional yaitu Jinki.

Jingki merupakan sebuah alat tradisional yang terbuat dari kayu pilihan yang hanya ada di hutan Aceh, dulu digunakan untuk menumbuk padi, beras, sagu, biji kopi, dan lain-lain. di Aceh Barat Jinki masih digunakan untuk menumbuk kopi.

Sajian Kopi Khop yang original ini rasanya manis kopi dan ada pahitnya sedikit. Kalau Kopi Tower, rasanya sudah pasti manis kopi susu (Kopsu). Kalau warga net mau jalan-jalan ke Aceh, sudah pasti direkomendasikan buat minum Kopi Khop.

Pasti bakal bertanya, kopi Khop kan Kopi Tebalik, pasti tumpah? tenang, Kopi Khop walaupun disajikan secara tebalik, tidak akan tumpah, karena disajikan diatas piring kecil sehingga menutup area gelas agar kopinya tidak tumpah. Lantas bagaimana cara minumnya?

Setiap Kopi Khop yang disajikan, akan diberi sebuah sedotan. Cara minumnya gampang kok, gak ribet, cuma pakai usaha sedikit. Setiap kali mau minum Kopi Khop itu harus ditiup terlebih dahulu menggunakan sedotan diantara pinggiran area gelas, agar kopinya keluar sedikit demi sedikit. Setelah itu tinggal disedot aja deh.

Rekomendasi buat kalian yang mau jalan-jalan ke Banda Aceh dan merasakan nikmatnya Kopi Khop, lokasinya ada di Jalan. AMD, Batoh, Kecamatan. Lueng Bata, Kota Banda Aceh. Silahkan mencoba..

sumber: kompassiana

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply