Liburan Sekolah ke Taman Wisata Candi, Bisa Membatik dan Bikin Wayang

Main ke taman wisata candi bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu libur sekolah.

PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko menghadirkan beberapa aktivitas liburan yang dapat dijajal oleh si kecil sekaligus mengasah kreativitas.

Dikutip dari Antara, program bertajuk “Kumpul Bocah” ini dilaksanakan di destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Keraton Ratu Boko, serta Teater dan Pentas Ramayana Prambanan, selama 23 Juni sampai 20 Juli 2023.

“Agenda seni, budaya dengan nilai-nilai historis khas destinasi heritage, menjadi aktivitas wisata yang menarik untuk dinikmati,” kata Direktur Pemasaran, Pelayanan, dan Pengembangan Usaha PT TWC Hetty Herawati di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (25/6/2023).

Hetty menyebutkan, aktivitas yang bisa dijajal adalah kegiatan budaya dan sejarah di Candi Borobudur, kegiatan seni dan sosial di Candi Prambanan, dan bersantai menikmati panorama alam di Candi Ratu Boko. Berikut rinciannya:

  • Workshop Jataka di Candi Borobudur (26 Juni-9 Juli), menghadirkan empat tema kegiatan, yaitu Workshop membatik dan Gerabah, Workshop Mewarnai Topeng dan Payung, story telling dan Membuat Wayang Jataka, serta Dolanan Anak di Museum Kapal Samudraraksa.
  • Medang Prambanan Nyawiji (30 Juni-16 Juli), menghadirkan dolanan anak tradisional, pertunjukan musik anak, dan arkeolog junior di selatan Museum Prambanan.
  • Pasar Medang Ratu Boko Nyawiji (23 Juni-20 Juli), menghadirkan dolanan anak tradisional dan kesenial tradisional di Loading Dock Area Ratu Boko.
  • Girli Piknik Hadangan Harang (26 Juni-20 Juli), menghadirkan hiburan berkonsep seni dan sosial di Deck Panggung Kinnara Kinnari Riverside Teater Pentas.

Hetty menambahkan, dengan Rp 120.000 per paket, wisatawan juga bisa menikmati live cooking dan suguhan minum tradisional, yang bisa dinikmati sambil melihat panorama Candi Prambanan kala senja.

Adapun program ini turut menggandeng komunitas UMKM di sekitar kawasan taman wisata candi.

“Berbagai produk unggulan dari UMKM lokal dan pedagang kios wisata ini dikurasi dan disajikan kepada wisatawan melalui langgam khas Pasar Medang Nyawiji, pasar otentik yang hadir di destinasi PT TWC,” ujarnya.

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar