Menikmati Secangkir Kopi di Tengah Hutan Pinus Bogor

Di tengah hutan pinus di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Bogor, terdapat sebuah kafe tersembunyi yang tak pernah sepi. Namanya Kopi Daong. Letaknya yang tak jauh dari Jakarta membuat kafe ini jadi pilihan tempat liburan akhir pekan warga Ibu Kota.

Kafe ini sudah ada sejak 2019. Di masa pandemi, banyak warga Jakarta yang berkunjung ke sini untuk mencari suasana suasana yang berbeda. Sambil minum kopi dan bercengkrama, pengunjung bisa menikmati udara segar khas pegunungan.

Memasuki kafe ini, pengunjung akan mendapatkan suasana rileks dengan aroma pepohonan yang segar. Pengunjung bebas memilih tempat duduk. Ada Ruang Bumi yang semi terbuka dengan tempat duduk menghadap ke hutan, ada pula ruangan tebuka dengan meja dan kursi di bawah pohon-pohon pinus yang menjulang. Ruangan ini tempat paling asyik buat ngopi atau ngeteh sambil ngemil.

Kopi Daong di Desa Pancawati, Caringin, Bogor (TEMPO/Mila Novita)

Kalau ingin bersantap, ada restoran Piring Daong dan The Hills. Piring Daong menawarkan makanan khas Indonesia, sedangkan The Hills masakan Asia.

Tapi yang paling favorit di kafe ini adalah Ruang Langit. Ruangan ini terletak di bagian paling atas. Menurut Selvi, salah satu staf kafe, Ruang Langit menawarkan panorama paling cantik. “Kalau cuaca sedang bagus, bisa melihat pemandangan lautan awan dari sana,” kata Selvi yang ditemui akhir pekan lalu.

Namun, banyak pengunjung yang kesulitan mencapai ruangan itu karena harus menyusuri jalan panjang di dalam kafe dan menanjak. “Banyak yang tidak sampai karena jauh,” kata dia.

Pengunjung warga Jakarta

Kopi Daong tak pernah sepi dari pengunjung, apalagi di akhir pekan. Banyak warga Ibu Kota yang rela menempuh perjalanan dua jam untuk menikmati secangkir kopi dan camilan atau bersantap di tempat ini.

“Pernah sehari dikunjungi sampai 5.000 orang,” kata Selvi.

Pengunjungnya beragam, dari remaja yang ingin nongkrong, orang kantoran yang ingin bekerja dengan suasana berbeda, sampai keluarga. Oh ya, untuk keluarga, ada beberapa area di tempat ini yang disukai anak-anak, yakni slide atau perosotan serta kandang kambing dan kuda poni.

Selain untuk bersantai sambil ngopi, kafe ini juga sering jadi pilihan untuk acara seperti gathering, arisan, sampai pernikahan.

Menuju Kopi Daong

Meski berada di tengah hutan pinus, kafe ini tak sulit ditemukan karena lokasinya tepat di tepi jalan. Kopi Daong berada di Jalan Caringin-Cilengsi, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Bogor. Dengan banyak vila atau tempat outbond, kawasan ini menjadi salah satu alterbatif liburan akhir pekan yang tak terlalu jauh dari Jakarta.

Untuk menuju ke Kopi Daong, warga Jakarta bisa melewati jalan tol ke arah Bogor. Setelah exit tol Ciawi, ambil arah Sukabumi dan keluar di pintu tol Caringin. Setelah keluar tol, ikuti jalan sampai ke Pasar Cikereteg, dan terus ikuti jalan menanjak sampai ke Kopi Daong. Kafe ini terletak di sebelah kiri, berseberangan dengan Santa Monica Resort.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply