Nikmat dan Unik, Ini 5 Makanan Khas Tegal Rekomendasi Backpacker

 Tegal dikenal punya beragam makanan khas yang unik dan menarik. Meskipun beberapa makanan otentik daerah ini terlihat hampir sama seperti yang berada di daerah lain, namun yang di Tegal kerap ada keunikan cara membuat, nama, atau bahan khusus yang menjadi pembeda.

Salah satu budaya yang menjadi daya tarik dari kota ini adalah kulinernya. Salah satu sajian terkenal dari Tegal adalah sate kambing mudanya. Namun selain sate Tegal, ada beragam jajanan menarik lain di kota bahari ini. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 makanan khas Tegal yang sayang untuk dilewatkan:

1. Bubur Bakar

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, umumnya masyarakat Tegal memiliki cara yang unik dalam memasak makanan. Jika Anda biasanya memakan bubur yang dimasak diatas panci seperti biasa, lain halnya dengan bubur otentik Tegal yang satu ini. Bubur bakar biasanya ditaruh diatas clay atau mangkuk yang dibuat dari tanah liat dan dibakar diatas arang hingga aromanya harum. Digabungkan dengan saus mongolian yang pedas dan manis, rasa bubur bakar ini semakin menggugah selera. Terlebih lagi, Anda dapat menambahkan variasi toping sesuka hati dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai Rp. 10 ribu saja.

2. Gelotak Tulang Ayam

Makanan yang satu ini merupakan lauk pauk yang dimasak dari tempe gembus dan tulang ayam. Umumnya, masyarakat yang menjual makanan ini sering memadukan daging dan ceker ke dalam kuliner otentik Tegal ini. Biasanya, gelotak tulang ayam mendapatkan rasa pedasnya yang segar dari olahan cabai rawit yang sangat cocok di lidah orang-orang Indonesia. Deretan bumbu rempah seperti lengkuas, gula, garam, minyak, bumbu kari, dan daun bawang juga turut ditambahkan guna menghasilkan cita rasa yang khas nusantara.

3. Olos Pedas

Olos merupakan salah satu makanan khas Tegal yang berasal dari aci. Makanan ini kerap kali digemari oleh masyarakat setempat, sehingga kerap menjadi oleh-oleh andalan bagi masyarakat Tegal. Saat memakannya, Anda akan dibuat ketagihan dengan rasa cabai rawit yang dipadukan dengan segarnya sayur kol beserta cita rasa dari bumbu bawang halus yang menggoyang lidah. Biasanya Anda dapat membawa ulos pedas sebagai oleh-oleh untuk saudara secara matang atau sudah diolah maupun mentahan atau sebelum diolah.

4. Tahu Pletok

Mendengar nama Tegal, pasti tidak akan terpisahkan dari makanan yang satu ini. Makanan dari olahan tahu ini bahkan telah terkenal hingga manca negara. Ia adalah tahu pletok, merupakan tahu yang diiris atau dibelah dengan tipis dan ditambahkan isian berupa aci yang terbuat dari tepung kanji, garam, ketumbar bubuk, dan irisan daun bawang. Kegurihannya selalu menjadi daya tarik bagi orang untuk merasakannya.

5. Latopia atau Kamir

Memiliki ukuran yang bervariasi, latopia khas Tegal umumnya berbentuk kotak-kotak dan tebal dengan kulitnya yang renyah. Terdapat berbagai variasi rasa yang dapat Anda coba diantaranya, susu, keju, durian, ketan hitam, dan kacang hijau. Sementara itu, kamir merupakan jenis kue khas Tegal yang terbuat dari tape singkong, terigu, dan susu putih.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar