Pantai Kelingking Nusa Penida jadi Salah Satu Pantai Terbaik Tripadvisor

Pantai Kelingking atau Kelingking Beach di Nusa Penida, Bali, masuk dalam daftar 25 pantai terbaik di dunia 2024 versi Tripadvisor yang dikutip Selasa, 9 Januari 2023. Pantai Kelingking berada di urutan ke-16. Adapun tiga di urutan teratas adalah Baia do Sancho di Brasil, Eagle Beach di Aruba, dan Cable Beach di Australia.

Tripadvisor Travellers’ Choice Best of the Best diberikan untuk pantai-pantai yang memiliki banyak ulasan dan opini luar biasa dari komunitas perjalanan ini selama periode 12 bulan. Setiap pemenang telah melewati standar kepercayaan dan keamanan yang ketat. Kurang dari 1 persen dari 8 juta listingan Tripadvisor mendapatkan penghargaan Terbaik dari yang Terbaik, yang menandakan tingkat keunggulan tertinggi dalam bidang perjalanan.

Pertemuan pantai dan tebing

Salah seorang pengulas Tripadvisor menulis bahwa Pantai Kelingking di Nusa Penida sangat bagus untuk tujuan foto karena memiliki pemandangan dan tebing memesona yang sangat menarik wisatawan dunia.

“Pantai Kelingking indah… walaupun matahari terik dan udara panas tapi tidak mengurangi keinginan untuk menikmati keindahannya,” tulis salah seorang pengulas di laman Tripadvisor.

Wisatawan mengunjungi Pantai Kelingking, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Sabtu 17 September 2022. Kunjungan wisatawan ke Nusa Penida yang merupakan salah satu destinasi pariwisata unggulan di Bali itu saat ini terus meningkat dengan rata-rata kunjungan 2.000 hingga 3.000 orang wisatawan per hari. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Pantai Kelingking yang terletak di Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung ini memiliki suguhan pemandangan tebing yang menjorok ke laut. Pantai pasir putihnya menjadi daya tarik turis untuk datang ke tempat ini.

Disebut dengan Pantai kelingking karena pantai yang menjorok ke laut ini menyerupai kelingking, tapi ada juga yang menyebutnya seperti bentuk leher tyranosaurus (T-Rex) jika dilihat dari atas.

Teunikan pantai ini terletak pada tebing-tebingnya. Untuk mencapai pantainya, pengunjung harus menuruni tebing sepanjang 150 meter yang terbilang sulit untuk dituruni karena kemiringannya mencapai 70 derajat. Meski demikian, wisatawan tak pernah kapok ke pantai ini karena perjuangan menuruni tebing ini terbayar dengan pemandangan pantainya.

Selain bersantai di pantai, pengunjung juga bisa snorkeling dan melihat plankton dan pari manta yang biasanya bayak ditemui antara Juli-Oktober setiap tahunnya.

Selain Pantai Kelingking, Nusa Penida yang masih alami menawarkan pelarian bagi wisatawan yang ingin mencari suasana pedesaan. Laguna terpencil, teluk rahasia, dan pantai yang kurang dikenal menanti para pelancong pemberani.

sumber: tempo.co

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar