Perbedaan Waktu

Semua yang Perlu Diketahui Tentang Zona Waktu Indonesia

Sebagai negara kepulauan yang masif, wajar bila Indonesia memiliki zona waktu yang berbeda di setiap bagian wilayahnya. Ada tiga zona waktu di Indonesia, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Jadi, apakah maksud dari zona waktu ini dan bagaimana cara menghitung perbedaan waktu dari seluruh dunia?

Apa yang dimaksud dari Waktu Indonesia Barat (WIB)?

Wilayah bagian barat di Indonesia mengikuti zona Waktu Indonesia Barat (WIB), yang meliputi seluruh Pulau Sumatra, seluruh Pulau Jawa, Kalimantan Barat dan juga Kalimantan Tengah. Jadi, ketika mengunjungi kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Batam, atau Pontianak, jangan lupa menyesuaikan waktu jam tangan Sobat Pesona dengan zona waktu WIB. Karena Jakarta merupakan Ibu Kota Indonesia, maka wilayah ini menjadi tolak ukur perbedaan waktu di seluruh dunia.

Bagaimana dengan Waktu Indonesia Tengah (WITA)?

Zona Waktu Indonesia Tengah (WITA) memiliki selisih waktu satu jam dengan WIB. WITA berlaku untuk wilayah bagian tengah Indonesia, seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, seluruh Pulau Sulawesi, seluruh Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya apa itu Waktu Indonesia Timur (WIT)?

Sobat Pesona tertarik mengunjungi kota-kota seperti Maluku atau tempat lain di Papua? Jika iya, jangan lupa mengatur waktu jam tangan Sobat Pesona ke zona Waktu Indonesia Timur (WIT). Zona waktu ini memiliki perbedaan dua jam dari WIB dan hanya berlaku untuk wilayah Maluku dan Papua, termasuk Maluku Utara dan Papua Barat.
 

Berikut Panduan Perbedaan Zona Waktu dari Jakarta ke Seluruh Dunia:

borobudur

Zona Waktu dan Waktu Sholat di Indonesia

Sebagai negara dengan mayoritas Muslim, masjid mudah ditemukan di setiap wilayah Indonesia dan akan mengingatkan masyarakat untuk menjalankan ibadah sholat lima waktu. Waktu sholat di seluruh Indonesia berbeda karena perbedaan zona waktu. Waktu sholat paling awal di pagi hari adalah pukul 4-5 pagi, tepat saat matahari terbit. Selanjutnya adalah sekitar waktu tengah hari di pukul 12 siang, kemudian jam 3 sore dan jam 6 sore saat senja, sebelum berakhir pada malam hari pada pukul 7 malam.

Author: Gerai Kendhil

Tinggalkan komentar