Pesona Desa Wisata Kampung Warna-Warni Tigarihit Simalungun

Desa Wisata Tigarihit di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, masuk 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Desa wisata yang berada di tepi Danau Toba ini cukup unik karena rumah-rumah penduduknya tersusun vertikal dan dicat warna-warni, sehingga dikenal juga sebagai Desa Wisata Kampung Warna-Warni Tigarihit.

Desa ini memiliki ketinggian 905 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut. Jaraknya dari Bandara Internasional Kualanamu kira-kira 158 kilometer (km).

 

Posisinya yang ada di lereng bukit, menjadikan Desa Tigarihit sebagai spot berburu pemandangan sunset (matahari terbenam), ditambah dengan luasnya bentangan Danau Toba. Wisatawan yang datang juga bisa menginap di homestay yang tersedia.

Dilansir dari laman resminya, nama Tigarihit terdiri dari dua kata, yakni “tiga” yang berarti pekan atau pasar dan “rihit” yang artinya pasir. Sehingga, Tigarihit berarti pekan yang berada di kawasan berpasir (pantai Danau Toba) dan dikunjungi banyak orang.

Adapun penduduk pertama yang bermukim di desa ini bermarga Sinaga. Seiring berjalannya waktu, orang-orang dari berbagai marga juga datang dan tinggal di desa ini.

Menparekraf Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Uno

“Ini merupakan suatu prestasi dan kita sampaikan penghargaan tertinggi kepada masyarakat yang ikut mengelola desa ini,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terkait masuknya Desa Wisata Kampung Warna-Warni Tigarihit ke daftar 50 besar ADWI 2022.

Kendati demikian, masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh pengelola Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit, terutama terkait bidang infrastruktur.

Maka, dilansir dari keterangan resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Kamis (21/7/2022), Sandiaga mengajak pihak-pihak terkait untuk bersama-sama membantu mengelola infrastruktur yang ada di desa ini.

“Jadi nanti bisa kita kerja sama kan dalam bentuk yang saling menguntungkan,” tuturnya.

sumber: kompas.com

Author: Gabs Art

Tinggalkan komentar