Pesona Keindahan Lembah Tepus di Bogor, Air Terjun Bertingkat dan Biru Jernih

Wisata air Lembah Tepus merupakan salah satu destinasi baru di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepatnya di Kampung Pasir Rengit, Jalan Gunung Bunder, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan.

foto

foto© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah air terjun bertingkatnya yang mempunyai air biru jernih. Pemandangan tanaman hijau yang asri dan rimbun membuat tempat ini semakin eksotis. Tempat ini cocok bagi mereka yang sedang mencari tempat rekreasi yang bisa dijadikan self-healing.

Beragam aktivitas bisa dilakukan selama berada di Lembah Tepus. Sebelum sampai ke sini, pengunjung dapat menyeberangi jembatan bambu untuk melintasi aliran sungai utama Lembah Tepus.

Pengunjung juga akan menemukan kolam-kolam dalam beragam ukuran dan kedalaman satu meter hingga empat meter. Perairan pada kolam terlihat berwarna biru dan sangat jernih sehingga membuat banyak wisatawan tergoda untuk berenang atau sekadar bermain air. Jika tidak ingin basah, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati panorama alam yang disuguhkan.

Selain itu, Lembah Tepus telah mempunyai beberapa fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan. Fasilitas ini adalah area parkir yang cukup memadai, kamar mandi dan toilet, ruang ganti dan musala.

Jika tak sempat membawa bekal dari rumah, maka terdapat warung makan yang menyediakan banyak pilihan menu makanan dan minuman. Terdapat pula kios makanan ringan yang menyediakan camilan.

Apabila ingin mengunjungi Lembah Tepus, disarankan untuk membawa baju ganti karena kemungkinan besar pengunjung akan bermain basah-basahan. Sebaiknya hindari datang pada musim hujan karena volume air yang bertambah besar dan jalanan yang semakin licin.

Selanjutnya lebih baik tidak berkunjung saat musim liburan karena tempat wisata pasti akan dipenuhi wisatawan. Jangan lupa bawalah kamera untuk mengabadikan momen seru dan menyenangkan di Lembah Tepus. Lalu yang terakhir dan tak kalah penting, selalu patuhi protokol kesehatan yang diterapkan di Lembah Tepus.

Lembah Tepus adalah tempat wisata yang tepat untuk menyukai wisata alam dengan panorama air terjun. Jika ingin berkunjung ke Lembah Tepus, wisata ini bisa buka setiap hari 24 jam. Untuk harga tiketnya sendiri terbilang murah, yakni dari harga Rp 10.000 – Rp 20.000.

sumber: tempo.co

Author: Gabs Art

Leave a Reply