Pusentasi, Sumur Purba di Donggala yang Unik Dikunjungi

Kabupaten Donggala memiliki banyak objek wisata yang menarik dan unik untuk di kunjungi, salah satunya Pusentasi atau Pusat Laut yang berlokasi di Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah.

Pusentasi atau Pusat Laut berasal dari bahasa suku Kaili, suku terbesar yang mendiami pesisir Donggala, Sulawesi Tengah. Puse artinya Pusat dan Ntasi berarti Laut.

Menurut cerita warga setempat, Pusat Laut ini merupakan sebuah fenomena alam yang terbentuk akibat ambrolnya tanah secara tiba-tiba yang bentuknya melingkar menjadi sebuah sumur.

Sumur ini berdinding batu karang dan letaknya tak jauh dari bibir pantai yang airnya sangat jernih. Pada sisi lain terdapat tangga dari pipa paralon yang digunakan oleh pengunjung untuk naik atau turun ke dalam sumur tersebut.

Pusentasi, Sumur Purba di Donggala. Foto: Jalu/PaluPoso

Pusentasi, Sumur Purba di Donggala. Foto: Jalu/PaluPoso

Jaraknya dari Kota Palu kurang lebih 50 kilometer dengan waktu perjalanan 1 jam 30 menit. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan transportasi darat roda empat ataupun roda dua.

Pusat laut merupakan tempat yang ramai dikunjungi pada saat akhir pekan. Berenang di sumur air asin yang airnya jernih kebiruan ini menjadi kegiatan yang dilakukan para pengunjung.

Tidak hanya berenang, bagi pengunjung yang memiliki nyali bisa mencoba melompat terjun langsung dari bibir sumur setinggi 5 meter.

Dari cerita warga sekitar, dahulu kala ada seorang putri cantik jelita dari kerajaan Towale bernama Yamamore tenggelam di sumur tua itu karena menghindari kawin paksa. Cerita itu masih berkembang sampai saat ini.

Pada tahun 2016, salah seorang wisatawan asal Belanda bernama Scute Marfo tewas tenggelam di Pusentasi. Scute tewas saat melakukan snorkeling di sumur tersebut. *(JL)

Pusentasi, Sumur Purba di Donggala. Foto: Jalu/PaluPoso

Pusentasi, Sumur Purba di Donggala. Foto: Jalu/PaluPoso

Sumber: Kumparan

Author: Gabs Art

Leave a Reply