Tak Cuma Gerbang Tol Instragamable di Salatiga, Ini Daftar 7 Destinasi Wisata Salatiga

Kota Salatiga terkenal karena panorama indahnya di salah satu gerbang tol masuk Trans Jawa ini membuat orang-orang ingin mengunjunginya kembali.

Salatiga sebagai kota tertua yang sudah berusia 1.272 tahun, menawarkan segudang keindahan alam yang cocok untuk dikunjungi para wisatawan.

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi

Tidak hanya keindahan alam saja, tetapi Kota Salatiga juga menawarkan beberapa destinasi wisata lainnya untuk dikunjungi dengan biaya yang relatif murah.

Berikut deretan destinasi wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan ketika berada di Salatiga.

1. Taman Wisata Kopeng

Destinasi wisata pertama ini berada berada di lereng Gunung Merbabu. Meskipun tidak sepenuhnya berada di Salatiga, tetapi tempat wisata ini hanya berjarak 8 kilometer dari Salatiga, tepatnya di jalan raya Salatiga-Magelang kilometer 15.

Kopeng merupakan wisata alam yang menyajikan keindahan hutan pinus dengan udara yang sejuk. Selain itu, para wisatawan juga dapat melakukan outbound dan berkemah dengan teman-temannya. Harga tiket masuknya pun relatif murah, yaitu hanya Rp10.000,00.

2. Agrowisata Salib Putih

Destinasi selanjutnya berada di dataran tinggi dengan udara yang masih sejuk dan asri, tempat ini sangat cocok untuk berkemah. Selain udara dan pemandangan yang mendukung, di sana juga terdapat area perkemahan yang cukup luas.

Melansir laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, agrowisata Salib Putih merupakan hotel yang bernuansa ecopark (bagian dari ruang terbuka hijau) yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti taman bermain, perkebunan, dan tempat outbound. Lokasi destinasi ini berada dekat dengan Kopeng, tepatnya di Jalan Hasanudin kilometer 4, Salatiga, Jawa Tengah.

Para wisatawan pun tidak dikenakan biaya untuk masuk dan sekadar menikmati pemandangan di sini. Namun, jika ingin berkemah, para wisatawan harus mempersiapkan uang mulai dari RP120.000,00-RP500.000,00 untuk satu orang.

3. Danau Rawa Pening

Mengutip publikasi ilmiah Jurnal Utama, danau ini diyakini berasal dari sebatang lidi yang ditarik dari tanah dan mengeluarkan air sehingga menenggelamkan desa di sekitar. Terlepas dari asal usulnya, danau ini dikelilingi oleh perbukitan yang membuat pemandangan semakin indah. Seseorang bisa mengelilingi danau ini dengan menyewa perahu kecil.

Seseorang memancing di Danau Rawapening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. TEMPO | Abdi Purmono

Lokasi danau Rawa Pening berada di Jalan Lingkar Selatan kilometer 3 Ambarawa, Jawa Tengah. Dengan harga tiket yang sangat murah, yaitu hanya Rp3.000,00 untuk hari biasa dan Rp3.500,00 untuk akhir pekan.

Lokasi berikutnya berdekatan dengan danau Rawa Pening adalah…

4. Bukit Cinta

Lokasi berikutnya berdekatan dengan danau Rawa Pening. Tempat ini cocok untuk piknik atau bersantai, terutama ketika bersama keluarga dan anak-anak karena udaranya yang sejuk dan segar.

Tiket masuknya pun relatif murah, yaitu untuk hari biasa Rp6.000,00 dan untuk akhir pekan Rp7.500,00. Jam operasional bukit cinta dimulai dari pukul 08.00-18.00 WIB (waktu Indonesia barat) dan dibuka setiap hari.

5. Arrowhead Park

Destinasi wisata yang ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai berkuda. Di sini, Anda atau keluarga akan diajak berkeliling desa dengan menggunakan kuda yang pastinya sangat seru. Bahkan, tersedia pula paket untuk sekolah berkuda. Lokasinya berada di Desa Tegalwaton, Kecamatan Salatiga, Kabupaten Salatiga. Destinasi ini hanya buka pada hari Selasa sampai Minggu pada pukul 07.00-12.00- dan 15.00-17.00 WIB. Kendati demikian, harga tiket masuknya sangat murah, yaitu hanya Rp 5.000,00.

6. Tlogo Plantation

Destinasi wisata terakhir ini berada di Tuntang, Salatiga yang merupakan kawasan wisata terpadu. Selain liburan, seseorang juga bisa menambah ilmu di perkebunan kopi setempat dan dapat secara langsung mengikuti kegiatan berkebun di sana. Tlogo Plantation buka selama 24 jam.

7. Air Terjun Umbul Songo

Destinasi ini merupakan salah satu yang terindah di Salatiga. Lokasinya berada di Desa Kopeng, Jawa Tengah. Lokasinya berada di ketinggian 15 meter sehingga seseorang harus berjalan kaki yang cukup jauh atau bisa menyewa kuda untuk sampai ke sana. Kendati demikian, harga tiket masuknya sangat murah, yaitu Rp10.000,00.

sumber: tempo.com

Author: Gabs Art

Leave a Reply