Tebing Breksi Yogyakarta, Bekas Tambang yang Instagramable

Tebing Breksi merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Obyek wisata ini berupa perbukitan batuan breksi bercorak unik.

Tempat wisata ini merupakan bekas tambang yang dijalankan oleh masyarakat sekitar. Oleh karena itu, pengunjung bisa menjumpai tempat bekas pengolahan batu breksi di kawasan tersebut.

Pada tahun 2014 silam, aktivitas tambang berhenti beroperasi karena larangan dari pemerintah.

Batuan breksi yang ada di kawasan tersebut diketahui sebagai hasil aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran. Kawasan ini pun menjadi wilayah yang dilindungi oleh pemerintah.

 

Bekas tambang tersebut kemudian didekorasi dan diubah warga setempat menjadi obyek wisata. Pada tahun 2015, Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan Tebing Breksi sebagai obyek wisata Yogyakarta.

Atraksi menaik di Tebing Breksi

Tebing Breksi sendiri sebenarnya tercipta secara alami sejak. Kegiatan pertambangan di sekitar kawasan tersebut meninggalkan jejak yang masih bisa dilihat hingga saat ini.

Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK. Shutterstock

Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK. Shutterstock

 

Bekas-bekas kegiatan tambang tersebut menimbulkan corak tersendiri yang membuat kawasan tersebut semakin atraktif.

Selain itu, dekorasi yang dibuat penduduk sekitar juga menambah daya tarik obyek wisata ini.

Wisatawan dapat menjumpai ukiran berupa wayang dan ular naga raksasa di beberapa bagian dinding Tebing Breksi. Ukiran-ukiran tersebut menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung.

Wisatawan juga bisa menyaksikan panorama Kota Yogyakarta dari puncak tebing. Puncak tebing juga menjadi spot strategis untuk menyaksikan matahari terbenam.

Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas menarik seperti berkeliling dengan jeep wisata, bersepeda gunung, atau bahkan panjat tebing.

Tak hanya sekedar menikmati panorama alam, wisatawan juga bisa berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya.

 

Akses dan tiket masuk

Perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta menuju Tebing breksi memerlukan waktu tempuh sekitar 30-40 menit dengan kendaraan pribadi.

Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK. Shutterstock

Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK. Shutterstock

 

Tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah sebesar Rp 2.000, sedangkan untuk mobil sebesar Rp 5.000.

 

Buka untuk tahap uji coba

Tebing Breksi menjadi salah satu wisata yang melakukan uji coba penerimaan kunjungan wisatawan tervaksinasi.

Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK. Shutterstock

Tebing Breksi, Sleman, Yogyakarta DOK. Shutterstock

 

Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 22.00 pada hari Selasa sampai Minggu, sedangkan pada hari Senin mulai pukul 06.00 sampai 18.0 WIB.

Wisatawan yang telah mendapat vaksinasi dan mendaftarkan diri pada aplikasi PeduliLindungi bisa menikmati berbagai atraksi yang terdapat di Tebing Breksi.

Wisatawan juga diharuskan mematuhi protokol kesehatan dan peraturan yang berlaku di kawasan tersebut.

Selain Tebing Breksi, ada 19 obyek wisata lain yang terdapat dalam daftar uji coba tersebut. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), obyek wisata tersebut tersebar di lima provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

 

sumber: kompas.com

Author: Gerai Kendhil

Leave a Reply