Wisata ke Pecinan Kya-kya Surabaya Nanti Bisa Sekalian Belanja Malam di Pasar Bong

Kawasan pecinan Kya-kya selama ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Surabaya. Di sana, masyarakat bisa berbelanja sekaligus kulineran dengan suasana khas pecinan.

Untuk menambah daya tariknya, Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan Pasar Bong yang ada di kawasan itu sebagai destinasi wisata belanja malam atau night shopping. “Karena ini bagian dari tindak lanjut kegiatan di Kya-kya, nantinya Pasar Bong akan dibuka sebagai tempat wisata Night Shopping,” kata Camat Pabean Muhammad Januar Rizal, Ahad, 11 Desember 2022.

Menurut Januar, pihaknya sudah melakukan pembersihan di sekitar pasar lewat program Surabaya Bergerak. Kawasan itu kini telah dibersihkan seluruhnya mulai dari saluran drainase, barang bekas hingga sampah yang ada di dalam pasar. Surabaya Bergerak merupakan gerakan sosial yang diinisiasi Pemkot Surabaya yang bertujuan untuk memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kota.

Di sana, warga membersihkan dan membuka saluran-saluran yang sering terhambat akibat sampah dan sedimentasi. Menurut informasi dari warga, terakhir kali Pasar Bong dibersihkan secara keseluruhan pada dua tahun lalu. Karena itu, saat hujan kawasan pasar sering tergenang sehingga pedagang dan pengunjung pasar merasa kurang nyaman.

Setelah pembersihan menyeluruh, menurut Rizal, secara bertahap Pasar Bong akan dipercantik dengan pengecatan dan penambahan pernak-pernik lainnya. “Nanti pengunjung akan bisa berkunjung ke pasar ini pada malam hari sekaligus bisa menikmati kawasan pecinan. Nanti bisa menikmati malam sembari berkuliner di Kya-kya, kan tidak terlalu jauh, hanya 100 meter,” ujarnya.

Salah satu pedagang Pasar Bong Budi Cahyono mengapresiasi pembersihan di Pasar Bong. Menurut dia, suasana pasar yang bersih tentunya dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk datang ke kawasan Pecinan Kya-kya, termasuk Pasar Bong. “Pak Wali Kota (Eri Cahyadi), Pak Camat dan Pak Lurah sangat membantu sekali, karena dengan bersih-bersih bersama ini semakin membuat pasar ini nyaman,” kata dia.

sumber: tempo.co

Author: Bang Ido

I like travel

Leave a Reply